Majalah Pedia

Ini Dia Manfaat Dari Daun Pegagan – SehatQ

Ada banyak tanaman herbal yang rupanya kaya akan manfaat. Di antaranya adalah daun pegagan. Apa sajakah manfaat dari daun pegagan ini? Dan bagaimana pula cara tepat untuk mengonsumsi herbal ini?

Daun pegagan sendiri merupakan herbal khas Asia yang sudah mendunia sebagai herbal kaya khasiat. Lebih dikenal di dunia dengan nama latinnya Centella asiatica, herbal ini kerap dimanfaatkan dalam beragam produk perawatan kecantikan.

Tanaman yang lazim ditemukan di kawasan tropis seperti Asia Tenggara, India, Jepang, Cina, Korea dan Afrika Selatan ini sebenarnya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit. Dan apa saja sebenarnya manfaat dari herbal perdu dengan daun khas membulat ini.

Manfaat Dari Daun Pegagan

Sejumlah riset mengenai manfaat herbal dari daun pegagan sudah banyak dilakukan. Ada banyak artikel kesehatan di dunia yang merujuk herbal ini sebagai salah satu herbal superfood yang kaya khasiat. Dan di antara beragam khasiat tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Baik kesehatan otak dan daya kognitif

Dalam riset yang diungkap pada tahun 2016 dijelaskan bahwa daun pegagan memiliki khasiat untuk menjaga dan meningkatkan daya ingat. Selain itu, terapi dengan herbal ini juga dapat membantu memperbaiki gangguan kognitif pada penderita stroke.

Selain itu, pegagan ditemukan memiliki kemampuan mengontrol sistem neurotransmiter yang disebut Gamma-Aminobutyric Acid (GABA). Ini membantu meningkatkan konsentrasi, melindungi kerja memori, memperbaiki mood dan memberi efek positif terhadap depresi.

Dalam riset lain juga ditemukan adanya pengaruh terapi pegagan terhadap Alzheimer. Dikatakan daun pegagan berperan dalam membantu mencegah kerusakan sel sel otak yang dapat menjadi awal terjadinya Alzheimer.

Memperbaiki sirkulasi darah

Dalam sebuah riset yang dilaporkan pada tahun 2013, ditemukan fakta bahwa daun pegagan memiliki efek membantu memperbaiki sirkulasi darah. Pada uji kasus penderita chronic venous insufficiency (CVI), semacam penyakit sirkulasi darah yang diakibatkan oleh gangguan fungsi vena. Terbukti bahwa penderita CVI menunjukan progress positif setelah mengonsumsi pegagan dengan rutin.

Bersifat anti radang

Sifat anti radang ini yang kemudian menjadikan herbal ini banyak dimanfaatkan dalam perawatan kulit. Sifat anti radang ini membantu menjaga kulit yang terinfeksi dan teriritasi seperti karena jerawat, efek makeup atau radiasi matahari.

Tetapi sifat anti radang ini juga bekerja membantu merawat peradangan pada persendian yang berkaitan dengan arthritis, asam urat dan reumatik. Bahkan riset membuktikan bahwa terapi ini juga baik untuk merawat tulang rawan.

Menghilangkan stretch mark

Selain sebagai anti radang, daun pegagan juga terbukti memiliki khasiat untuk mengatasi pembentukan stretch mark. Ini dijelaskan dalam jurnal tahun 2013 yang menyatakan adanya khasiat terapi Centella asiatica ini dalam mengurangi stretch mark yang terbentuk di kulit.

Efek herbal ini dalam memicu produksi kolagen disinyalir menjadi alasan bagaimana pegagan dapat bekerja mengatasi pembentukan stretch mark. Karena kolagen akan membantu memperbaiki tekstur kulit dan lapisan di bawahnya hingga membantu memperbaiki guratan yang terbentuk.

Bagaimana Cara Tepat Mengonsumsi Pegagan?

Daun pegagan bisa Anda konsumsi dalam banyak cara. Mulai dengan mengonsumsinya sebagai sayuran seperti ditumis atau dijadikan salad. Mengonsumsinya dalam kondisi mentah atau setengah matang lebih disarankan supaya kandungan nutrisi tidak hilang.

Anda juga bisa memilih mengonsumsi herbal ini dengan mengasup kapsul dari ekstraksi daun pegagan yang banyak tersedia di pasaran. Pastikan memilih produk herbal yang jelas kandungan dan dosis di dalamnya. Perhatikan bila selama masa konsumsi muncul reaksi seperti mual, pusing dan kembung.

Itulah sedikit gambaran mengenai herbal pegagan. Dapatkan lebih banyak informasi terkait manfaat tanaman herbal alami selain daun pegagan serta artikel kesehatan lainnya di laman sehatQ

 

Exit mobile version