Majalah Pedia
Travel  

Apa Saja Perlengkapan Untuk Snorkeling? Cek di sini!

Snorkeling di Kepulauan Seribu bisa menjadi agenda yang seru jika ingin liburan yang dekat dari Jakarta. Di Kepulauan Seribu terdapat banyak sekali terumbu karang berwarna warni yang cantik dan unik. Tak hanya itu, ikan-ikan beraneka ragam pun kerap dijumpai saat sedang snorkeling.

Kini untuk snorkeling di Kepulauan Seribu bukanlah hal yang sulit. Cukup tentukan ingin ke pulau apa – misalnya Pulau Pramuka, kamu akan disambut oleh deretan operator snorkeling di sana. Mereka tidak hanya menawarkan paket perahu dan guide untuk menuju spot snorkeling saja, tetapi juga menyewakan perlengkapan snorkelingnya.

Buat kamu yang mau snorkeling wisata Pulau Pramuka, ketahui dulu perlengkapan apa saja yang perlu diperhatikan. Simak, yuk!

 

Masker

Masker memiliki fungsi untuk melindungi mata dan hidung dari air. Bisa dibilang masker ini adalah versi advanced dari kacamata renang karena memiliki penutup hidung. Dalam melakukan snorkeling dan diving, jalan pernapasan dari hidung perlu ditutup agar air tidak masuk. Maka jalur pernapasan kedua yakni melalui mulut lah yang dipakai. Saat memilih masker baik di toko maupun saat menyewa perlengkapan snorkeling, pastikan maskernya pas di wajah agar tidak ada celah air yang masuk. Jangan sampai terlalu kecil agar tidak sesak, dan juga terlalu besar supaya air mudah masuk.

 

Snorkel

Dari namanya saja, pasti membutuhkan alat yang satu ini. Snorkel adalah selang dan pelindung mulut saat melakukan penyelaman ringan. Di bagian pelindung mulut, pilih yang pas dan nyaman di mulut. Karena pelindung mulut ini akan digigit sehingga jika ukurannya kebesaran, akan membuat kamu mudah lelah bernapas. Sedangkan jika ukurannya terlalu kecil, air bisa dengan bebas masuk ke dalam mulut. Pada snorkel umumnya memiliki panjang 30 cm dengan diameter 2 cm. Panjangnya snorkel ini dibuat tidak terlalu panjang agar saat bernapas lebih nyaman.

 

Pelampung

Pelampung akan jadi perlengkapan yang wajib jika kamu tidak terbiasa berenang di laut. Karena walau kamu biasa berenang di kolam renang, feel-nya akan terasa beda jika berenang di lautan. Bagi kamu yang sebenarnya bisa berenang namun tidak pede, sebaiknya kenakan pelampung untuk keselamatan. Pilih pelampung yang pas di badan dan bisa menutup dengan baik.

 

Kaki katak

Kaki katak atau fin adalah sepatu khusus yang berbentuk seperti kaki katak/bebek. Saat snorkeling sebetulnya kaki katak tidak terlalu diwajibkan. Namun jika menggunakan kaki katak, daya dorongnya menjadi lebih kuat dan gesit saat berenang. Umumnya terdapat dua jenis kaki katak, yakni bermodel open heels atau tumit terbuka dan full foot atau seluruh kaki tertutup. Untuk model open heels, biasanya ada strap mirip sepatu sandal untuk menyesuaikan kaki.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.