Mei 27, 2022

Simak ciri ciri jamur hitam atau Mucormycosis, beserta cara penanganannya. Jamur hitam adalah jenis infeksi jamur yang relatif jarang terjadi. Infeksi jamur hitam juga disebut dengan Mucormycosis.

Mucormycosis bisa menyerang seseorang dengan kekebalan tubuh yang lemah. Dikutip dari BBC , Mucormycosis adalah infeksi yang sangat jarang yang disebabkan oleh paparan jamur mucor yang biasa ditemukan di tanah, tanaman, pupuk kandang, serta buah dan sayuran yang membusuk. "Ini ada di mana mana dan ditemukan di tanah dan udara dan bahkan di hidung dan lendir orang sehat," kata Dr Akshay Nair, ahli bedah mata yang berbasis di Mumbai.

Jamur hitam dapat mempengaruhi sinus, otak dan paru paru dan dapat mengancam jiwa pada penderita diabetes atau individu dengan gangguan kekebalan yang parah, seperti pasien kanker atau orang yang menderita HIV/AIDS. Dokter percaya bahwa Mucormycosis memiliki tingkat kematian keseluruhan 50%. Hal itu mungkin dipicu oleh penggunaan steroid, pengobatan yang menyelamatkan jiwa untuk pasien Covid 19 yang parah dan sakit kritis.

Steroid dapat mengurangi peradangan di paru paru untuk Covid 19 dan tampaknya membantu menghentikan beberapa kerusakan yang dapat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bekerja berlebihan untuk melawan virus corona. Tetapi steroid juga mengurangi kekebalan dan meningkatkan kadar gula darah baik pada penderita diabetes maupun pasien non diabetes Covid 19. Diperkirakan penurunan kekebalan tersebut dapat memicu kasus Mucormycosis.

"Diabetes menurunkan pertahanan kekebalan tubuh, virus corona memperburuknya, dan kemudian steroid yang membantu melawan Covid 19 bertindak seperti bahan bakar untuk api," kata Dr Nair. Dikutip dari CDC , Mucormycosis juga dapat berkembang pada kulit setelah jamur memasuki kulit melalui luka sayatan, goresan, luka bakar, atau jenis trauma kulit lainnya. Adalah infeksi pada sinus yang dapat menyebar ke otak.

Bentuk Mucormycosis ini paling sering terjadi pada orang dengan diabetes yang tidak terkontrol dan pada orang yang telah menjalani transplantasi ginjal. Adalah jenis Mucormycosis yang paling umum pada orang dengan kanker dan pada orang yang telah menjalani transplantasi organ atau transplantasi sel induk. Lebih sering terjadi pada anak anak daripada orang dewasa, terutama bayi prematur dan berat badan lahir rendah kurang dari 1 bulan, yang telah menjalani antibiotik, operasi, atau obat obatan yang menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan kuman dan penyakit. 9 10

Terjadi setelah jamur masuk ke dalam tubuh melalui luka di kulit (misalnya, setelah operasi, luka bakar, atau jenis trauma kulit lainnya). Ini adalah bentuk Mucormycosis yang paling umum di antara orang orang yang tidak memiliki sistem kekebalan yang lemah. Terjadi ketika infeksi menyebar melalui aliran darah untuk mempengaruhi bagian lain dari tubuh.

Infeksi paling sering mempengaruhi otak, tetapi juga dapat mempengaruhi organ lain seperti limpa, jantung, dan kulit. Jenis jamur yang paling sering menyebabkan Mucormycosis adalah spesies Rhizopus, spesies Mucor, spesies Rhizomucor, spesies Syncephalastrum, spesies Cunninghamella bertholletiae, spesies Apophysomyces, dan spesies Lichtheimia. Mucormycosis menampilkan dirinya sebagai infeksi pernapasan atau kulit.

Berikut gejala yang dialami penderita Mucormycosis, dikutip dari Healthline: Batuk Demam

Sakit kepala Hidung tersumbat Sakit sinus

Dengan infeksi kulit, Mucormycosis dapat berkembang di bagian tubuh mana pun. Awalnya mungkin terjadi di lokasi trauma kulit, tetapi dapat dengan cepat menyebar ke area lain. Berikut ini ciri ciri seseorang mengalami infeksi jamur hitam:

Jaringan kulit menghitam Melepuh Demam

Kemerahan Pembengkakan Sakit ketika disentuh

Borok Jamur juga dapat menginfeksi kulit Anda melalui luka atau luka bakar (paparan kulit). Dalam kasus seperti itu, luka atau luka bakar menjadi area infeksi.

Sementara jenis jamur ini dapat terjadi secara alami di lingkungan, tidak semua orang yang terpapar akan terkena infeksi jamur. Seseorang lebih mudah tertular infeksi jenis ini jika memiliki sistem kekebalan yang lemah. Luka bakar

Luka dan goresan Kanker Transplantasi organ baru baru ini

HIV atau AIDS Diabetes (terutama jika tidak diobati dengan benar) Pembedahan

Langkah pertama dalam mengobati Mucormycosis adalah menggunakan obat antijamur intravena (IV) dan menjalani debridement bedah. Debridement bedah melibatkan pemotongan semua jaringan yang terinfeksi. Menghapus jaringan yang terinfeksi telah terbukti mencegah infeksi agar tidak menyebar lebih jauh.

Jika seseorang dapat lebih baik karena terapi IV dan pengangkatan jaringan, maka kemungkinan orang tersebuttidai perlu diinfus. Selanjutnya, hanya perlu minum obat dari dokter. Peluang untuk pemulihan Mucormycosis sangat bergantung pada diagnosis dan pengobatan dini.

Infeksi berpotensi menyebar ke seluruh tubuh. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.