Agustus 11, 2022

Growth mindset adalah sebuah pemikiran yang perlu ada di dalam sebuah bisnis startup untuk mendukung perkembangan startup itu sendiri. Akan tetapi growth mindset merupakan konsep yang memang sedikit rumit, karena hanya dapat diukur tergantung dari model bisnis dan juga strategi perusahaan.

Di dalam ranah bisnis sendiri growth mindset akan sangat membantu pertumbuhan dan juga perkembangan sebuah usaha termasuk di sini startup. Karena Anda sebagai pelaku bisnis tentunya akan selalu berusaha dan berupaya untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam perusahaan.

Sekalipun di sini model usaha atau bisnis Anda sudah mendapatkan kesuksesan di tempat-tempat lain. Walapun begitu menyiapkan rencana guna meraih pertumbuhan merupakan perjalanan yang tetap berbeda.

Untuk dapat menumbuhkan dan memiliki growth mindset setidaknya terdapat tiga faktor yang perlu untuk Anda kuasai lebih dahulu. Tiga faktor ini meliputi yaitu koordinasi, komitmen dan juga pengalaman. Di bawah ini akan dijelaskan dengan lebih mendetail lagi masing-masing tiga faktor growth mindset dalam bisnis startup tersebut.

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Growth Mindset?

Komitmen

Salah satu faktor kunci dari growth mindset yaitu imajinasi terhadap sebuah kesuksesan. Seberapa jauh dan mampu kesuksesan tersebut memberikan keuntungan atau manfaat. Sukses tersebut perlu untuk dicapai dalam beberapa waktu ke depan. Di sini harus ada sesuatu yang dicapai setiap harinya. Kemudian di tiap pencapaian harian tersebu, Anda perlu merasa diri sendiri masih tertinggal supaya semakin bersemangat.

Koordinasi

Setiap orang di dalam level manajemen teratas hingga paling bawah harus mengetahui tujuan dan target dari perusahaan. Selain itu juga harus mengetahui bagaimana untuk mencapai hal-hal tersebut. Hal ini tentu akan memerlukan sebuah growth mindset. Jika terdapat anggota tim yang di sini bergerak dengan kecepatan yang cenderung berbeda, maka perlu dievaluasi ulang.

Hal tersebut cukup penting terutama untuk tim sales atau penjualan. Ketika sebuah target telah tercapai atau bahkan telah melebihi ekspektasi, maka semua karyawan di dalam perusahaan perlu bersiap menuju target baru tersebut. Dengan pendanaan baru dari para investor manajemen level atas perlu untuk membuat sebuah strategi baru. Dan di sinilah sebuah pengalaman benar-benar akan berguna dan dibutuhkan.

Pengalaman

Saat di sini Anda menerima pendanaan baru manajemen level atas mempunyai peranan yang sangat penting di dalam sebuah Growth. Sales development tersebut tahu mereka perlu untuk melibatkan usaha untuk sebuah lead generations.

Bahkan di sini terkadang juga perlu untuk melepas beberapa anggota tim bukan karena mereka tidak kompeten melainkan karena mereka tidak selaras dengan kecepatan kerja yang tergolong baru. Saat kecepatan tim tersebut tidak sesuai atau selaras maka di sini Anda perlu menemukan titik lemah dan harus segera memperbaiki hal tersebut.

Jika tidak efek negatif nantinya sudah terlalu besar sehingga sulit untuk Anda perbaiki. Terkadang saat fase grup pendanaan selalu tersedia atau bahkan di sini telah terkunci. Tekanan growing to survive akan cenderung berkurang daripada growing to prove.

Itulah tadi 3 hal atau tiga faktor yang berpengaruh di dalam growth mindset untuk sebuah perusahaan khususnya di sini perusahaan startup. Dengan mengetahui tiga hal yang sudah disebutkan di atas tentu akan semakin memudahkan di dalam menjalankan dan memajukan bisnis start up Anda untuk semakin berkembang nantinya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.