Majalah Pedia

Ketahui Perbedaan Hoodie dan Sweater Serta Tips Merawatnya

Ada banyak orang yang menyukai hoodie dan sweater. Namun tidak sedikit yang tidak mengetahui bedanya hoodie dan sweater. Memang keduanya termasuk jenis jaket yang akan terasa hangat jika dipakai. Lalu apa beda keduanya? Berikut ulasannya. 

 

Bedanya Hoodie dan Sweater

Bagi masyarakat modern sangat menyukai pakaian jenis hoodie dan sweater. Bentuknya yang simpel menjadi favorit semua kalangan usia. Tapi, masih banyak yang belum mengetahui bedanya hoodie dan sweater. Jika belum mengetahui, maka penjelasan berikut ini mungkin bisa bermanfaat. 

Apa Itu Hoodie

Kata Hoodie berasal dari bahasa Inggris hood yang berarti tudung atau penutup kepala. Memang adanya penutup kepala menjadi ciri khas tersendiri untuk hoodie. Biasanya tudung tersebut dilengkapi dengan tali, sehingga bisa mengikatnya erat-erat. Sehingga bisa terhindar dari tiupan angin. 

Bukan hanya itu saja, hoodie juga memiliki lengan panjang dan saku pada bagian depannya. Ada dua jenis hoodie berdasarkan pemakainya, yaitu hoodie dengan resleting (zip up hoodie), hoodie tanpa resleting (hoodie pullover), serta slim fit hoodie. 

Zip up hoodie merupakan hoodie yang memakai risleting pada bagian depan. Adanya risleting ini membuat hoodie bisa dipakai untuk outer atau dipakai seperti hoodie biasanya. 

Sedangkan pullover hoodie adalah hoodie tanpa risleting pada bagian depan. Jadi, cara memakainya sama seperti memakai kaus. Biasanya jenis hoodie satu ini terdapat saku di depannya. 

Terakhir ada slim fit hoodie yang memiliki bentuk ramping. Biasanya bahan yang dipakai jenis hoodie yang satu ini lebih elastis dibandingkan lainnya. Tujuannya supaya bisa membentuk tubuh. 

Biasanya hoodie terbuat dari bahan yang ringan dan lembut. Seperti baby terry, cotton, dan fleece. Karakteristik semua kain tersebut sangat tepat dipakai ketika cuaca panas dan hujan, karena bahannya tidak terlalu tebal seperti jaket. 

Apa Itu Sweater

Sweater merupakan pakaian lengan panjang yang mempunyai fungsi menghangatkan tubuh. Awalnya sweater terbuat dari bahan wool yang mempunyai karakteristik lembut dan hangat. Tapi sekarang bahan sweater semakin bervariasi. Bahkan ada yang terbuat dari bahan fleece dan baby terry. 

Ada dua macam sweater, yaitu sweater dengan kancing yang sering disebut cardigan dan sweater tanpa kancing yang disebut sweater pullover. 

Bedanya hoodie dan sweater terletak pada adanya tudung kepala. Hoodie memakai tudung kepala, sedangkan sweater tidak ada. Meskipun berbeda, namun bukan berarti perawatannya juga berbeda. 

Cara Merawat Hoodie dan Sweater

Meskipun berbeda, namun perawatan untuk hoodie dan sweater tidak jauh berbeda. Perawatan yang benar akan membuat keduanya lebih awet dan tahan lama. Berikut cara perawatannya. 

1. Langsung membersihkan noda yang menempel

Ketika hoodie dan sweater terkena nida, sebaiknya langsung dibersihkan sampai noda hilang. Cuci dengan deterjen cair agar noda menghilang dan tidak meninggalkan bekas noda yang membandel. 

2. Cuci memakai tangan

Mencuci memakai tangan akan membuat hiodie dan sweater menjadi awet. Selain itu, warnanya juga tidak mudah pudar. Khusus sweater yang terbuat dari wool, sebaiknya memakai air dingin ketika mencucinya. Suhu air yang tinggi bisa merusak serat-seratnya. 

3. Menjemur di tempat teduh

Perlu diketahui kalau paparan sinar matahari bisa membuat warna hoodie dan sweater menjadi pudar. Bukan hanya itu saja, panasnya matahari bisa merusak serat sweater yang terbuat dari wool. 

Oleh sebab itu, harus menjemur hoodie dan sweater di tempat teduh. Jemur tanpa memakai gantungan, sehingga tekstur kainnya tidak berubah. Terutama sweater yang terbuat dari wool. 

Kini kamu sudah mengetahui bedanya hoodie dan sweater. Bahkan ada cara perawatan yang benar, sehingga lebih awet dan tahan lama. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.