Majalah Pedia

Jauhi Kebiasaan Buruk Ini agar Rambut Tidak Rontok Dan Rusak

Mempunyai rambut yang indah dan tebal adalah impian para wanita, namun sayang karena berbagai hal tiba-tiba rambut rontok. Tentu saja hal ini menimbulkan kepanikan tersendiri sehingga buru-buru mencari rekomendasi shampoo untuk rambut rontok yang paling ampuh.

Padahal rontok ini tidak hanya dapat diobati hanya dengan menggunakan shampoo saja. Melainkan juga dengan mengurangi beberapa kebiasaan buruk yang tanpa sadar sering dilakukan. Karena akibat kebiasaan tersebutlah yang menjadi pemicu pada kerontokan rambut.

 

Kebiasaan Buruk Yang Harus Dibuang

Terkadang orang saat mengalami rambut rontok hanya berpikir untuk mencari shampoo untuk rambut rontok saja. Padahal sebaiknya juga menghindari beberapa hal yang menyebabkan terjadinya rambut rontok tersebut.

Karena seringkali rambut rontok ini bukan hanya akibat dari perawatan saja, namun juga karena kesalahan yang dilakukan setiap hari. Nah agar dapat mencegah terjadinya rambut rontok maka Anda dapat mempelajari beberapa penyebabnya dibawah ini:

Menyisir Rambut Ketika Masih Basah

Menyisir dan menata rambut seringkali dilakukan saat rambut masih basah, padahal cara ini sebaiknya tidak dilakukan. Karena ketika  akar rambut sudah mengalami kerapuhan dan kering, rambut tidak akan kuat menahan tarikan sisir. 

Hal ini akan mengakibatkan masalah kerontokan yang tidak terhindarkan. Alangkah baiknya menyisir rambut saat kondisinya sudah benar-benar kering. Hal ini terjadi karena secara alamiah, rambut yang masih dalam kondisi basah jauh lebih mudah patah dibandingkan rambut kering. 

Namun sebaiknya juga ketika menyisir memilih menggunakan sisir dengan gigi jarang agar terhindar dari rambut rontok. Gigi yang rapat akan menarik rambut dengan lebih kuat dan membuatnya tercabut dari kulit kepala.

Sering Keramas dengan Air Panas

Kalau Anda sering mandi dan keramas dengan menggunakan air panas untuk membuat tubuh kembali segar dan memberikan efek relaksasi. Sebaiknya tidak terlalu sering, karena meskipun baik untuk tubuh namun tidak baik untuk rambut.

Ketika rambut dicuci dengan air panas, maka minyak alami yang berasal dari kulit kepala dan pelumas akar rambut dapat ikut terangkat dan terbuang. Sehingga menyebabkan akar rambut menjadi kering dan rambut mudah rapuh. 

Ketika hal seperti ini dilakukan secara terus-menerus, maka akan memicu terjadinya kerontokan. Itu sebabnya, untuk memerangi masalah rambut rontok, tidak hanya mengandalkan shampoo untuk rambut rontok saja, melainkan juga membiasakan diri keramas dengan air dingin atau hangat serta hindari suhu air yang terlalu tinggi.

Mengikat atau Menguncir Rambut Terlalu Kencang

Mengikat rambut adalah salah satu hal yang kerap dilakukan seseorang yang mempunyai rambut panjang. Sehingga tidak menyulitkan saat beraktivitas akibat rambut yang tergerai dan mengganggu pandangan.

Namun sayangnya akibat menguncir rambut terlalu kencang juga memicu kerontokan pada rambut Anda. Hal ini disebabkan ikatan yang terlalu kencang membuat tekanan berlebih pada folikel rambut. Tekanan akan menimbulkan bekas luka serta menghancurkan folikel rambut secara permanen

Menggaruk Kulit Kepala dengan Keras

Ketika kulit kepala terasa gatal secara otomatis Anda akan  menggaruknya begitu saja. Padahal, menggaruk dengan keras merupakan salah satu penyebab rambut rontok adalah sering menggaruk kulit kepala terlalu keras. 

Hal ini disebabkan oleh adanya goresan di kulit kepala yang membuat akar rambut menjadi terlepas. Selain itu juga menyebabkan serat rambut rentan rusak dan patah, sehingga Anda harus menghilangkan kebiasaan menggaruk kulit kepala terlalu keras, apalagi ketika mempunyai kuku yang panjang.

 

Beberapa kebiasaan buruk ini harus dibuang agar kerontokan yang terjadi pada rambut Anda tidak semakin parah. Selain itu memilih shampoo untuk rambut rontok yang cocok serta menambahkan perawatan tradisional juga merupakan tindakan gabungan yang terbukti ampuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.