Majalah Pedia

7 Kiat Mudik Aman dan Lancar Pada Masa Pandemi

Pada tahun 2022 ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan mudik yang disambut suka cita oleh semua lapisan masyarakat. Mengingat pandemi yang masih berlangsung, Anda yang berencana mudik harus tetap mempertimbangkan protokol kesehatan. Meski Anda sudah menjalani vaksinasi booster, selalu jaga kesehatan selama perjalanan memakai kendaraan pribadi atau transportasi umum. Syarat mudik lebaran harus Anda penuhi lebih dulu agar perjalanan ke kampung halaman berjalan lancar, ya!

Persiapan Mudik Lebaran 2022 Lebih Lancar

Keamanan dan keselamatan selama mudik pada masa pandemi menjadi hal penting guna mendukung kenyamanan Anda sampai ke kampung halaman. Berikut persiapan mudik lebaran 2022 yang wajib Anda lakukan jauh hari yaitu :

1.     Memastikan tubuh sehat dan bugar

Sebelum Anda memutuskan untuk mudik ke kampung halaman, pastikan selalu menjaga tubuh tetap sehat dengan konsumsi makanan sehat, minums vitamin dan suplemen serta rajin olahraga. Tubuh yang sehat akan mendukung perjalanan jauh lebih aman dan bebas risiko alami kelelahan, termasuk pemeriksaan kesehatan selama perjalanan mudik.

2.     Menentukan kendaraan mudik

Tentukan Anda mau naik kendaraan mudik apa lebih dulu, ya! Jika naik kendaraan pribadi, maka cek kondisi mesin, kelistrikan dan pastikan bahan bakar mencukupi sampai menemukan pusat pengisian bahan bakar. Selain itu, Anda harus beristirahat di rest area bila berkendara 2-3 jam pakai mobil pribadi atau motor untuk mencegah risiko kecelakaan akibat kelelahan.

3.     Membawa bekal makan dan minum

Jangan lupa membawa bekal makan dan minum sendiri guna mendukung kenyamanan perjalanan, apalagi Anda yang membawa anak-anak. Bila memilih naik kereta api mudik 2022, maka Anda harus mengetahui peraturan dilarang makan dan minum untuk perjalanan kurang dari dua jam.

4.     Menyediakan yang tunai secukupnya dan saldo e-money

Membawa uang tunai merupakan kebutuhan wajib selama melakukan mudik untuk membeli barang yang diperlukan atau kebutuhan mendesak lain. Selain itu, Anda tetap harus mengisi saldo e-money untuk kemudahan transaksi pada masa pandemi. Toh, masa pandemi membuat orang-orang mulai memperhatikan keselamatan sehingga bisa melakukan pembayaran lewat transfer m-banking, kartu debit atau kredit via merchant dan e-wallet.

5.     Membawa perlengkapan prokes

Bagian penting dari syarat mudik lebaran adalah membawa perlengkapan prokes yang diperlukan mulai masker, kotak obat, hand sanitizer, dan lain-lain. Jangan lupa membawa kartu vaksinasi sebagai cadangan meskipun Anda bisa memakai aplikasi PeduliLindungi sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam menangani penyebaran virus corona selama ini.

6.     Beli tiket akomodasi jauh hari

Bila Anda berencana mudik dengan kereta api, maka beli tiket kereta jauh-jauh hari untuk mengantisipasi tiket kosong atau habis terjual. Harga tiket kereta api lebaran yang dibeli jauh hari bisa lebih terjangkau, lho! Anda bisa menghemat anggaran beli tiket untuk uang saku anak-anak di kampung, kenapa tidak?

7.     Menjaga jarak dan hindari kerumunan

Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak dengan penumpang lain, hindari kerumunan atau berbicara yang menyebabkan terkontaminasi virus dari bersin, air liur dan sebagainya. Menjaga kesehatan diri sendiri bisa membantu Anda menjaga kesehatan orang lain, termasuk sanak saudara dan keluarga yang menunggu di kampung halaman. Patuhi protokol kesehatan dan kebijakan mudik memakai kereta api atau kendaraan umum lain agar tercipta mudik lebaran 2022 yang aman dan terkendali.

Yuk, segera cari tahu syarat mudik lebaran untuk Anda yang berencana membawa anak-anak di bawah usia 12 tahun! Kebijakan mudik bisa saja berubah tergantung situasi dan kondisi di lapangan, ya! Mudik lebaran 2022 yang aman bisa membuat momen Idul Fitri Anda di kampung halaman lebih bermakna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.